• Phone: (021) - 357 60434
  •  info@hr-qu.com
Friday, 02 November 2018 05:44

Administrasi Penggajian / Payroll

Pendahuluan

Administrasi penggajian/payroll adalah pekerjaan rutin dan merupakan salah satu bagian terpenting dalam manajemen perusahaan. Proses perhitungan gaji harus dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat. Untuk dapat melakukan administrasi penggajian yang baik diperlukan pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif tentang administrasi penggajian.

Pendahuluan

Ketika karyawan telah bekerja secara produktif sehingga memberikan kontribusi yang nyata kepada perusahaan dan perusahaan menghasilkan keuntungan yang signifikan maka sudah selayaknya perusahaan memberikan penghargaan dengan melakukan peninjauan gaji (salary review). Namun akan berlaku sebaliknya, jika karyawan tidak bekerja produktif sehingga kontribusinya rendah terhadap perusahaan maka sudah selayaknya pula kalau penghargaan yang diberikan perusahaan kepada karyawan juga rendah.

Pendahuluan

Memberikan kepuasan pelanggan merupakan pilihan mutlak yang harus diambil ketika sebuah perusahaan/bisnis hendak mempertahan dan meningkatkan existensinya. Penelitian yang dilakukan oleh Dana Jones (1996); menunjukkan adanya hubungan yang positif antara customer satisfaction (CS) dengan employee satisfaction (ES). Artinya tingkat kepuasan karyawan berbanding lurus dengan tingkat kepuasan pelanggan yang dimiliki. Semakin puas karyawan, maka semakin tinggi juga tingkat kepuasan pelanggan, dan sebaliknya.

Pendahuluan

Job evaluation adalah proses menganalisis dan menilai suatu jabatan secara sistematik untuk mengetahui nilai relatif bobot berbagai jabatan dalam suatu organisasi. Hasil akhir dari proses job evaluation adalah job weight (bobot jabatan/pekerjaan). Faktor utama dalam melakukan job evaluation adalah menentukan "factor compansable", dimana berdasarkan penentuan

Monday, 24 September 2018 09:30

Desain Pengembangan & Sistem Penggajian

Latar Belakang

Dalam menjalankan tugasnya, para profesional HRD menghadapi berbagai tantangan antara lain tuntutan perusahaan untuk menaikkan produksi dan efisiensi, usaha menekan biaya operasi serta situasi dan kondisi perekonomian Indonesia yang tidak menentu ditambah makin maraknya tuntutan dan demo dari karyawan untuk meminta kenaikan upah dan kesejahteraan.

Adalah sesuatu hal yang sulit jika Professional dan Praktisi HR menghindari praktek KKN. Sebagai Professional dan Praktisi HR saya menghimbau dan mewajib kan anda untuk ber- KKN. Wah …kan KKN itu melanggar Undang - undang. Nanti bisa ditangkap KPK? Eit..Tunggu dulu KKN yang satu ini lain. Bukan Kolusi Korupsi Nepotisme. Bukan pula Kuliah Kerja Nyata.

Wednesday, 10 January 2018 06:16

Quadrant Awipana

SOFTWARE UNTUK MENYUSUN STRUKTUR SKALAUPAH/GAJI ( GRADING/LEVELING)

Berdasarkan amanat Pasal 92 UU No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan:

Pengusaha menyusun struktur dan skala upah dengan memperhatikan golongan, jabatan, masa kerja, pendidikan, dan kompetensi.

Pengusaha melakukan peninjauan upah secara berkala dengan memperhatikan kemampuan perusahaan dan produktivitas.

Ketentuan mengenai struktur dan skala upah sebagaimana dimaksud pada ayat diatur dengan Keputusan Menteri.

Kemudian pada tahun 2004 Pemerintah mengeluarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja & Transmigrasi No. 49 tentang Pengupahan.

Untuk memudahkan perusahaan/organisasi dalam menyusun struktur dan skala upah/gaji itu kami menghadirkan software AWIPANA.

Dalam praktek perhitungan PPH 21 perusahaan menggunakan berbagai macam metode ada gross, net, gross-up, non gross-up. Mengapa terjadi demikian? Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih detail.

Penilaian kinerja adalah system untuk menilai kinerja/performance karyawan dalam periode tertentu misal per 6 bulanan atau tahunan. Tujuan dari penilaian kinerja antara lain untuk training dan pengembangan karyawan, remunerasi, promosi dan sudah barang tentu untuk dokumentasi perusahaan.

Wednesday, 10 January 2018 06:13

Analisis Beban Kerja

Dalam menghadapai kondisi perekonomian Indonesia yang tidak menentu maka perusahaan harus melakukakan langkah-langkah yang tepat antara lain melakukan efisiensi, meningkatkan produktifitas, menekan biaya produksi dan lain sebagianya. Profesional HRD dituntut agar mampu mengatasi situasi tersebut.

Page 1 of 2