• Phone: (021) - 357 60434
  •  info@hr-qu.com

Salary Structure, Base Pay, Variable Pay, & Benefit Scheme

Kompensasi atau imbal jasa bagi karyawan adalah masalah yang selalu hangat dan menarik untuk dibicarakan dan dikaji sampai kapanpun. Tujuan pemberian kompensasi adalah untuk menarik, memotivasi dan mempertahankan karyawan terbaik untuk tetap berada di perusahaan/organisasi dan tidak pindah ke organisasi lain. Untuk itu perusahaan berlomba lomba untuk menyususun system kompensasi atau imbal jasa yang adil, kompetitif, tidak bertentangan dengan hukum dan undang-undang yang berlaku serta sesuai dengan kemampuan perusahaan.

Bagaimana cara menentukan skema dan komponen gaji tersebut? Berapa besaran gaji pokoknya? Jenis tunjangan apa saja yang dimasukkan? Bonus dan insentif nya bagaimana? Bagaimana dengan benefit dan fasiltas yang diberikan?
Perusahaan/organisasi tentunya sudah mempunyai tujuan, target/sasaran dalam memberikan kompensasi kepada karyawannya. Lalu bagaimana cara mebuat dan mengimplementasikannya? Bagaimana pula cara mengkomunikasikan kepada karyawan? Kita ingat bahwa system penggajian yang baik merupakan salah satu bagian dari tujuan perusahaan untuk memberikan kepuasan dan mempertahankan karyawan.

OUTPUT

1. Strategi penentuan gaji pokok

2. Penentuan besar dan jumlah tunjangan

3. Dasar penghitungan dan pemberian insentif

4. Perhitungan bonus

5. Perhitungan dan penentuan benefit dan fasilitas

6. Implementasi dan komunikasi

7. Tindakan koreksi dan evaluasi yang diperlukan